“Pengalaman Langsung” Mendekatkan Mahasiswa dari Dunia Maya ke Realita

Inovasi Pembelajaran sangat diperlukan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pembelajaran dengan pengalaman langsung ke lapangan akan menjadikan mahasiswa memahami permasalahan secara nyata. Mata kuliah manajemen pendidikan dalam satu proses pembelajarannya menggunakan pendekatan ini. Setelah mahasiswa membahas sejumlah materi di ruang kuliah selanjutnya secara berkelompok mereka terjun ke sekolah-sekolah untuk mendapatkan pemahaman penerapan teori manajemen pendidikan yang di dapat di ruang kuliah.

Mahasiwa mengungkap secara mendalam berbagai ruang lingkup manajemen pendidikan seperti manajemen keuangan sekolah, manajemen sarana prasrana sekolah, manajemen tenaga pendidik, dst. Tidak hanya melihat penerapan teori manajemen pendidikan di sekolah tetapi mahasiswa juga menelusuri permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan sekolah yang terjadi di sekolah. Setelah mendapatkan data-data di sekolah mahasiswa akan saling berdiskusi tentang permasalahan di sekolah dalam kelompoknya, mereka berusaha mencari solusi dari sudut pandang mereka. Setelah mendapatkan titik temu dalam kelompoknya mahasiswa menyusun laporan hasil kunjungan ke sekolah. Pada waktu yang lain masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kunjungan ke sekolah. Pada kesempatan tersebut mahasiswa akan saling berbagi tentang penerapan manajemen pendidikan di sekolah. Dengan inovasi pembelajaran yang diterapkan di atas kampus berusaha mendekatkan mahasiswa dari dunia maya ke dunia realita. (Heri S)