TELITI MODEL MANAJEMEN KERJA SAMA SMK DENGAN DUNIA KERJA FITRI RAIH GELAR DOKTOR

Jumlah peminat belajar di SMK di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat. Namun banyaknya siswa yang ada di SMK ternyata tidak sebanding dengan kualitas lulusan dalam kategori diterima dan bekerja di dunia kerja. Demi meningkatkan kompetensi lulusan agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja mendorong Fitri Nur Mahmudah yang merupakan mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta untuk menemukan model manajemen kerja sama yang saling menguntungkan dua belah pihak.

Fitri, perempuan kelahiran Sleman, 20 Maret 1990 resmi menyandang gelar doktor di Ujian Terbuka, Selasa (8/10). Fitri merupakan Doktor yang ke-510 di Program Pascasarjana UNY dan ke-25 di Program Studi S3 MP UNY setelah menyelesaikan studinya selama 38 bulan.

Dosen muda Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan ini memilih menggunakan software qualitative data analysis ATLAS.ti 8.3.17 dalam menganalisis data penelitiannya. Analisis yang dilakukan berbantuan software adalah untuk memudahkan dalam mengkoding, mengkategorisasikan kode, dan membuat peta konsep yang didapat setelah kategorisasi data. Disertasi yang berjudul Model Manajemen Kerja Sama SMK dengan Dunia Kerja berhasil dipertahankan di depan dewan penguji yang dipimpin oleh Prof. Dr. Edi purwanta, M.Pd. dan tim promotor Prof. Slamet PH, Ph.D dan kopromotor Prof. Djemari Mardapi, Ph.D, serta tim Penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Husaini Usman, M.Pd., MT, Prof. Dr. Aan Komariah, dan Dr. Cepi S. Abdul Jabar, M.Pd.

Fitri berharap hubungan sekolah dengan dunia kerja merupakan bentuk hubungan yang cenderung sebagai kerja sama, setara, timbal balik, dan saling terkait. Sekolah harus mengetahui dengan jelas kebutuhan, harapan, dan tuntutan masyarakat serta dunia kerja dan berkewajiban secara legal dan moral untuk memberi penerangan kepada masyarakat tentang tujuan, program, kebutuhan, dan keadaan sekolah. Hasil penelitian memunculkan peta konsep yang terdiri dari lima hal, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pemantauan, pengkoordinasian, dan pengevaluasian yang menggambarkan manajemen dari sebuah kerja sama antara SMK dengan Dunia Kerja. (swb)