Kurikulum

Profil Lulusan

Pengembang tatakelola pendidikan yang berkarakter unggul.

 

Kompetensi

1. Umum:

a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas pengembangan tata kelola pendidikan.

c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.

d. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.

f. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

2. Utama:

a. Memiliki kemampuan mengembangkan Ilmu Manajemen Pendidikan berbasis etika kemanusiaan.

b. Mampu melakukan alih ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang manajemen pendidikan;

c. Menguasai secara mendalam berbagai teori dan metodologi ilmu-ilmu yang relevan untuk menyelesaikan permasalahan Manajemen Pendidikan;

d. Mampu menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan kebijakan pendidikan yang tanggap terhadap keanekaragaman masyarakat nasional maupun internasional.

e. Memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan sistem penjaminan mutu tatakelola pendidikan.

f. Memiliki kemampuan mengelola, memimpin dan mengembangkan penelitian manajemen pendidikan yang diakui secara nasional maupun internasional.

g. Mampu mendesiminasikan berbagai hasil penelitian dan pengembangan Manajemen Pendidikan untuk kepentingan pembangunan nasional dan kehidupan global.

3. Pendukung:

a. Memiliki kemampuan merancang, memimpin, dan mengelola program dan kegiatan Manajemen Pendidikan.

b. Mampu memimpin, mengelola dan mengembangkan satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat.

c. Mampu memimpin, mengelola, dan mengembangkan lembaga penyelenggara pendidikan.

d. Memiliki kemampuan mengembangkan sistem informasi Manajemen Pendidikan.

e. Memiliki kemampuan mengembangkan jaringan kerjasama bidang manajemen pendidikan.

4. Lainnya:

Mampu menjadi tenaga ahli dalam pengembangan lembaga pendidikan persekolahan dan luar-sekolah; dengan cakupan keahlian meliputi: (a) kemampuan melakukan analisis kebutuhan, (b) kemampuan menyusun rancangan dan pembiayaan program, (c) mampu mengatur pelaksanaan program, dan (d) mampu memantau dan mengevaluasi program pendidikan.

 

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

1. Sikap:

a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas sebagai profesional tata kelola pendidikan.

c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.

d. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.

f. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

2. Pengetahuan:

a. Mampu mengembangkan pengetahuan dan kiat-kiat manajemen pendidikan berbasis kearifan lokal.

b. Mampu mengembangkan teknologi dan seni dalam bidang manajemen pendidikan.

c. Mampu mengembangkan praktik profesional manajemen pendidikan.

d. Memiliki kemampuan menganalisis dan menyelesaikan permasalahan manajemen pendidikan dengan menggunakan berbagai teori yang relevan.

e. Mampu mengelola penelitian dan pengembangan manajemen pendidikan yang diakui secara nasional maupun internasional.

3. Keterampilan Umum:

a. Memiliki kemampuan mengelola lembaga pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

b. Memiliki kemampuan melaksanakan evaluasi program pendidikan.

c. Mampu memberikan jasa keahlian atau konsultansi pengelolaan pendidikan pada taraf nasional maupun internasional.

4. Keterampilan Khusus:

Memiliki kemampuan kewirausahaan di bidang manajemen pendidikan.

 

Proses Pembelajaran

Proses Pembelajaran di Program Studi S3 Manajemen Pendidikan menggunakan filosofi Konstruktivisme dan Pendekatan Student Center Learning. Beberapa Strategi/Pendekatan/Metode yang digunakan antara lain: perkuliahan Mandiri, perkuliahan praktik lapangan (lingkungan dan sekolah), penugasan individu maupun kelompok, presentasi, kaji referensi, serta proyek.

 

Struktur Kurikulum